Tuesday, April 10, 2018

KESERUAN BELAJAR MEMBATIK BERSAMA DI SOGAN BATIK

Assalamualaikum semuanya..

Masih tentang 1st Gathering Beautiesquad bulan Maret lalu, jadi disini aku masih mau melanjutkan keseruan kami belajar membatik di SOGAN BATIK Yogjakarta. Sogan Batik sendiri berada di Yogakarta tepatnya beralamat di Jl. Palangan Tentara Pelajar KM 10, Reodani Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogjakarta.


Jadi setelah selesai Workshop Skincare 101 bareng Avoskin di Indiecology Cafe, kami langsung berangkat menuju Sogan Batik. Perjalanan dari Indiecology Cafe ke Sogan Batik memakan waktu kira-kira 30 s/d 40 menit menggunakan mobil, lumayan jauh juga ya, tapi semua terbayarkan dengan semua keseruan-keseruan dan ilmu-ilmu baru yang kami dapatkan disana.


Disana kami di ajarkan cara-cara membatik dan mini tour gitu di Sogan Batik. Adapun step-step membatik itu adalah point pertama buat dulu polanya seperti apa saja bebas, mau itu pola batik, pola binatang, pola alam, ataupun mau tulisan-tulisan semua bisa. Lalu alat yang digunakan untuk membatiknya itu sangat tradisional, terbuat dari kayu dan besi seng yang dibuat serapi mungkin agar cairan yang digunakan untuk membatik keluar dengan baik saat digunakan untuk membatik.




Nah di sana aku dikasih pola gambar binatang, binatangnya seperti burung nah disitu kami disuruh membuat nama kami masing-masing. Tapi aku lebih memilih membuat tanggal dan bulan pernikahanku, hehe.



Ternyata membatik itu tidak semudah yang aku pikirkan, lumayan sulit loh. Kita mengambil cairan untuk membatik menggunakan alatnya dan mulai kita pakai mengikuti garis pola, belum lagi cairannya itu kalau kena tangan cukup panas loh maka dari itu agar tidak panas, saat kami mulai membuat batik, kainnya diberi alas koran. Kalau biasa kita memakai baju batik pasti hasil dan ukirannya rapih dan cantik kan? Kalau aku acak-acakan dan banyak melewati garis pola, karena memang cukup sulit. Maka dari itu aku sangat bangga sekali dengan orang-orang yang membuat batik, berkat kerja keras dan keringat mereka batik mendunia.



Liat nih, member-member Beautiesquad sedang sibuk sediri membuat batik. Apalagi Bu Ketua Virly lagi seriusnya banget kayanya :D


Ini dia adalah hasil karyaku membatik, keliatan kan banyak acak-acakannya daripada rapihnya. By the way 05 Sept itu tanggal pernikahanku dengan suami ya. Hehe


Nah.. ini belum selesai loh guys, disana kita dikasih kesempatan memilih antara 2 warna (merah dan biru). Tentu saja karena suamiku senang warna Biru akhirnya aku pilih biru sebagai warna dasar batik aku. Ketika sesudah disuruh memilih warna di proseslah hasil batik kami ditempat yang terpisah saat membuat batik tapi tempatnya tidak berada jauh ko.


Nah disini si bapak sedang memproses warna apa saja yang akan digunakan untuk mendapatkan warna yang kami inginkan, karena hanya 2 warna ya jadi si bapak membuat warna batik Merah dan Biru.

Setelah pemilihan warna batik direndam terlebih dahulu kedalam air yang telah diberi pewarna,




Ketika sudah direndam lalu batik kami dimasukan kedalam air yang sangat panas sekali agar warna lebih masuk dan jelas warnanya.





Setelah dimasukan kedalam air panas, batik kami jadi deh. Tinggal jemur dan tunggu hingga kering.


Ini hasil batik yang telah kami buat dengan susah payah sekali. Hihi


Dan taraaaaa... ini dia hasil karya batikku. Bagus gak? Hehe

Terimakasih kepada Sogan Batik yang telah memberikan kami kesempatan untuk mengunjungi dan dengan sabar kalian memberikan kami pelajaran tentang membatik dengan tekun dan sabar.

Sekian cerita keseruan-keseruan yang kami dapatkan di Sogan Batik, semoga post tentang budaya kita ini membantu kalian dalam mencari pembelajaran dan pengetahuan tentang salah satu tempat pembuatan Batik di Yogjakarta.



XOXO,

SANI MS

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · SANI MS | THEME BY RUMAH ES